Loading...

6 Ruas Jalan Baru Dibangun di Papua Tengah untuk Mempercepat Pembangunan

Papua Tengah, Nabire – Pemerintah Provinsi Papua Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 6 ruas jalan baru untuk mendukung percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

Kepala Dinas PUPR Papua Tengah, Yan Ukago, ST., MT., menjelaskan bahwa pembangunan 6 ruas jalan ini difokuskan pada jalan primer dan sekunder di pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah di Kaladiri, Nabire.

“Tahun ini ada dua fokus pembangunan, yaitu jalan primer dan sekunder yang akan melingkar dalam kawasan pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah dengan bentuk menyerupai burung Cenderawasih,” jelas Ukago.

Total panjang jalan yang akan dibangun dalam kawasan pusat pemerintahan mencapai 20,5 Km. Selain jalan primer dan sekunder, terdapat pula jalan utama dengan lebar 20 meter dan 16 meter.

Pembangunan Kawasan Pusat Pemerintahan

Ukago menambahkan bahwa saat ini sedang dilakukan penyiapan lahan untuk pembangunan kawasan pusat pemerintahan Provinsi Papua Tengah.

“Untuk pembangunan Kantor Gubernurnya, kami sudah berkoordinasi dengan Balai Pemukiman dari Kementerian Pekerjaan Umum dan saat ini sedang dalam tahap basic desain yang akan menjadi dasar untuk perencanaan gedung,” terangnya.

Sistem design and build diterapkan dalam pembangunan kawasan ini untuk mempercepat proses pembangunan infrastruktur dengan efisiensi waktu dan biaya.

Ruas Jalan Lainnya

Selain jalan yang melingkar dalam kawasan pusat pemerintahan, PUPR Papua Tengah juga membangun beberapa ruas jalan lainnya, seperti:

  • Jalan alternatif ke Bandara baru melalui Kalibobo, Waroki
  • Jalan dari Topo ke Menou di Mapia
  • Jalan dari Iwaka Timika ke Duma-Duma yang menghubungkan Kabupaten Timika dan Paniai
  • Jalan dari Kabupaten Paniai ke Intan Jaya
  • Jalan yang menghubungkan Kabupaten Dogiyai dan Deiyai di kawasan Onago-Dedoutei

Pembangunan ruas-ruas jalan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah di Papua Tengah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.



Share post :